Suara Pembaca

 

mademoron

Pertanyaan : sokbeker belakang standar scoopy fi panjangnya berapa ya..?? kalau pakai sok variasi yss c-euro kira-kira tabungnya mentok ga ke body dipakai boncengan..??

Jawaban :

Halo bray Abdul, salam scooteris n thanks buat emailnya yah...  Oke, langsung DS jawab ya, pertanyaan ente. 

Kalo pake premium, seperti kehabisan bensin, ini maksudnya gimana ya? Maksudnya tarikannya terasa  nyendat-nyendat, gitu bray? Kalo iya, sebenernya faktor yang memicu gejala itu beragam, lo. Utamanya yang perlu diperhatikan adalah, usia motor ente udah berapa tahun nih, dan kapan servis terakhir? Mesin udah pernah dibongkar untuk diservis belom, kayak bersihin karburator, jalur bahan bakar, bersihin ruang bakar dari kerak-kerak? Jadi gini bray, premium dan pertamax kan sebenernya beda Ronnya. Pertamax jelas lebih tinggi. Wajar aja kalo Skydrive ente oke-oke aja waktu dikasih pertamax. Karena dengan bensin yang Ronnya tinggi dan mudah terbakar, artinya bahan bakar terbakar sempurna, tentu akan berefek positif pada tarikan skutik ente. Apalagi kalo pertamax bener-bener murni angka Ronnya sesuai standarnya dan gak turun. So pasti waktu terjadi proses pemampatan (combution) dan pembakaran terjadi sempurna.  

Nah, sebaliknya, kalo pake premium, apalagi kalo premiumnya sempat terkontaminasi zat lain sehingga menurunkan nilai Ron, proses pembakaran akan terhambat dan tidak sempurna. Ujung-ujungnya ada sisa campuran gas bakar yang tak terbakar, mengendap yang akan menyisakan kerak di ruang bakar. Ini yang bisa memicu tarikan nyendat-nyendat, knocking alias mesin ngelitik. So, pastikan dulu ruang bakar skutik ente bersih dari kerak ya, pastikan juga, beli premiumnya di tempat resmi yang bisa menjamin keutuhan angka Ronnya.

Begitu bray, kira-kira jawaban dari DS. Semoga bisa dapet sedikit pencerahan yahhh... Salam scooteris....