Suara Pembaca

 

erwan

Pertanyaan : matic skydrivve 2010, sering masalah tarikan awal sering lompat-lompat sesudah pelan/berhenti, cvt sdh dibersihkan normal kembali, tak lama kejadian lagi. bagian mana sperpart yg bisa d modif biar normal lagi ? mangkok, kanvas kop, vanbelt masih baru.

Jawaban :

Hallo Bray... Makasih udah ngelemparin pertanyaannya. Oke, kita langsung aja ya, bray.

Masalah satu ini udah sering banget didenger. Pertama, hal yang mesti diperhatikan adalah sela-sela kedua pully, baik primer (depan) dan skunder (belakang). Andai, di kedua bagian ini ada tanda-tanda kebocoran akibat grease (gemuk) atau air yang berlumer, artinya umur seal  sudah enggak layak pakai lagi. Akibatnya, gaya sentrifugal V-Belt terjadi slip (tarikan jadi ogah-ogahan). Coba cek ini ya, bray. Enggak cuma itu, lihat juga bagian dinding pada mangkuk kampas kopling, jika dimensinya gak rata bin peyang, maka perputaran kampas kopling jadi enggak teratur. Untungnya part yang ente sebut ini masih baru, tapi coba cek sekali lagi ya, bray. Lihat ketiga per/spring kampas koplingnya. Kalo daya tekanannya udah lembek, dipastikan langsung ganti yang baru. Lain cerita kalau kampas koplingnya juga enggak rata, biasanya akibat mangkuk kayak disebutin tadi. Karena masih punya ente masih baru, silahkan diraba-raba lagi ya bray. Part emang baru, tapi patut dipertanyakan lagi soal kualitas komponen itu sendiri. Nah, terakhir, cek-cek ring yang mungkin lupa enggak kepasang, bray.

Dari masalah tersebut, penyebabnya enggak jauh-jauh dari situ kok, bray. Thanks, ya udah saling sharing. Oiya, rajin-rajin baca duniascooter.com, artikel-artikel seputaran tips, banyak kok di sesuai kanalnya. Salam DS.