Goggle Lane dan Pagar Air Bag, Inovasi Safety Terbaru di MXGP 2019

MXGP 2019

Selasa, , 16 April 2019 - 21:17 WIB

Penulis :

ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

mxgp.com

Editor :

  • Goggle Lane dan Pagar Air Bag, Inovasi Safety Terbaru di MXGP 2019

    Goggle Lane

JAKARTA. Perkembangan balap motocross terus meningkat dan profesional. Oleh karena itu FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) bekerja sama dengan Youthstream sebagai promotor MXGP coba memprioritaskan keselamatan (safety)di saat balap berlangsung, racinglovers.

Inovasi dalam urusan safety ini ada dua tambahan terbaru di ajang MXGP 2019 ini, diantaranya adalah Goggle Lane (jalur kacamata) dan air bag (balon) yang dipasang pada pagar pembatas.

Penambahan pertama Goggle Lane ini diperkenalkan pada seri MXGP 2019 di Patagonia Argentina. Tujuannya adalah menyediakan cara yang aman, efektif, dan cepat bagi pembalap untuk menjaga pandanganya tetap 100% bersih.

Dilansir dari website resmi mxgp.com, sebelumnya pembalap perlu keluar sirkuit melalui Pit Lane untuk menerima kacamata (goggle) yang bersih. Waktu yang dibutuhkan terbukti sulit bagi pembalap.

Jadi tambahan baru terletak dekat dengan Pit Lane tetapi benar-benar terpisah memungkinkan pembalap untuk masuk dan bertemu mekanik atau anggota tim mereka yang dapat menyediakan kacamata bersih. Ini saja memberikan balap yang lebih aman dan mengurangi jumlah insiden terkait visibilitas di trek.

Kemudian tambahan baru kedua, mulai diperkenalkan di Seri Valkenswaard, Belanda, yaitu penghalang seperti airbag di samping trek yang menghadap sebagian dari Pit Lane.

Dinding perlindungan udara ini menjamin keamanan yang lebih besar melalui bantalan dan daya tahan tinggi terhadap benturan. Ini tidak hanya melindungi pembalap yang akan keluar jalur, tetapi juga mekanik dan kru yang bekerja di dalam Pit Lane. Perlindungan pagar udara ini juga dapat digunakan di area lain di sekitar lintasan.

“YouthStream dan FIM memiliki keselamatan pembalap di bagian atas agenda. Goggle Lane dan pagar udara Pit Lane dengan jelas menunjukkan hal ini karena kedua inisiatif diberlakukan setelah dua insiden balap dalam dua acara terakhir musim 2018. YouthStream dan FIM akan terus memantau evolusi Kejuaraan dan mengambil tindakan yang tepat kapan pun diperlukan,” jelas Jorge Viegas, Presiden FIM