Finish Kelima, Rossi Cerita Problem Motornya

MotoGP 2019

Selasa, , 12 Maret 2019 - 13:54 WIB

Penulis :

Dimas

Fotografer :

motogp

Editor :

  • Finish Kelima, Rossi Cerita Problem Motornya

    Valentino Rossi

QATAR. Valentino Rossi, yang sukses melesat finish kelima dari start keempat belas, merasa mendapat kejutan dari kinerja motornya. Rossi juga cerita banyak soal problem motornya. Apa saja?
 
Rossi start dari posisi 14 setelah kewalahan di sesi kualifikasi. Namun, seperti biasa, pembalap 40 tahun mampu tampil heroik di GP Qatar, seri perdana MotoGP 2019 lalu dengan finish kelima.
 
"Hari ini motor saya bagus, karena kalau tidak Anda tidak akan bisa mendekati peluang menang atau podium," ucap Rossi.
 
Rossi merasa mendapat hal positif dari motornya. Namun juga punya beberapa problem yang menurutnya sangat kompleks. Sepanjang balapan The Doctor mengalami masalah kinerja motor terutama kecepatan.
 
"Bagi saya problemnya kurang lebih sama. Di beberapa bagian kami bisa meningkat tetapi sayangnya kami selalu berjuang dengan grip ban belakang dan itu sulit," kata Rossi.
 
Bahkan Rossi menilai biang masalah motornya sama seperti tahun lalu. Manajemen ban masih masalah utama bagi Yamaha saat balapan, sehingga kecepatan motornya boyo saat akselerasi. 
 
"Ini (finish kelima) kejutan yang positif, karena saat latihan saya tidak punya feeling yang bagus," tambah Rossi.
 
"Tahun lalu saya lebih kuat saat latihan. Pada akhirnya saat balapan saya membuat cara yang kurang lebih saya seperti tahun lalu, hanya saja saya memulai balapan dari belakang dan saya bisa kembali," lanjut Rossi.
 
Artinya, Yamaha punya motor yang boros pada kinerja ban. Ini jadi faktor utama kenapa Yamaha lemah saat akselerasi dan top speed. Butuh pengorbanan bagi Rossi agar motor bisa melesat di tengah-tengah balapan, yakni push semaksimal mungkin dengan risiko grip ban lebih cepat habis.
 
"Masalahnya adalah bahwa level kinerja kami kurang lebih sama dengan tahun 2018 saat ini," tandas Rossi.