Data Belum Bagus, Tapi KTM Yakin Mesin 2019 Lebih Baik

MotoGP 2018

Kamis, , 16 Agustus 2018 - 13:03 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

Motogp.com

Editor :

  • Data Belum Bagus, Tapi KTM Yakin Mesin 2019 Lebih Baik

    Redbull KTM Factory Racing

AUSTRIA. Meskipun belum memiliki bukti atau data lengkap, KTM mengungkapkan kalau mesin RC16 untuk tahun 2019 telah siap untuk memenuhi stabilitas Johann Zarco sebagai pembalap andalannya di musim mendatang, racinglovers.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer yang menegaskan kalau keputusan desain besar telah mereka buat, dan sementara Bradley Smith sedang menjadi tes rider untuk menguji beberapa bagian yang tersisa di seri MotoGP 2018 ini.

Sebelumnya, 5 jatah wild card KTM yang diparcaya oleh Mika Kallio untuk memperbaiki dan kemudian mengkonfirmasi perubahan substansial yang dibuat untuk RC16 sempat tersendat akibat cidera lutut yang dialami Kallio saat berlaga di Sachsenring beberapa waktu lalu.

Kini sisa wild card yang sudah dipakai pada seri Austria dan di Aragon mendatang, KTM berharap untuk menempatkan tiga jarak balapan data pada mesin 2019.

"Rencananya kacau. Saya pikir motor 2019 nanti cukup bagus dan kompetitif, tetapi kami tidak sangat beruntung,” buka Beirer.

"Di Barcelona Mika berada di set-up aneh pada hari Jumat dan Sabtu kemudian memiliki set-up yang sangat bagus untuk hari Minggu, dengan pemanasan yang hebat. Jadi kami berharap banyak dalam perlombaan, untuk melihat di mana motor baru sebenarnya. Lap pertama dia jatuh, kemudian kami semua berharap di Sachsenring untuk melihat apa yang dilakukan motor baru di balapan dan dia tidak ada di sana,” ungkapnya.

Sebuah mesin baru KTM jelas merupakan salah satu perubahan untuk motor 2019, dan secara luas diasumsikan memiliki crankshaft counter-rotating. Meskipun tes rider mereka mengalami cedera dan kecelakaan sebelumnya mencegah prototipe 2019 mendapatkan perlombaan MotoGP, Beirer mengatakan keputusan desain besar telah dibuat.

"Kami tidak memiliki bukti hasil balapan untuk motor itu, tapi apa yang kami pikir bagus. Jadi sepeda sudah siap. Tapi kami tidak akan memastikannya tiga kali dengan tiga balapan bagus. Cukup banyak keputusan yang jelas tentang bagaimana motor akan terlihat pada bulan November,” pungkasnya.