Tahun Ini Kontrak Movistar dengan Yamaha Berakhir, Lanjut atau Pergi?

Movistar Yamaha

Jumat, , 22 Juni 2018 - 16:02 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

Yamaha MotoGP

Editor :

  • Tahun Ini Kontrak Movistar dengan Yamaha Berakhir, Lanjut atau Pergi?

SPANYOL. Tahun ini Yamaha menjadi tim pertama yang mengkonfirmasi line up pembalapnya untuk MotoGP 2019 mendatang. Tapi disisi lain setelah berpisah dengan Tech3 sebagai tim satelit mereka, sepertinya kontrak sponsor utama Yamaha, yaitu Movistar akan berakhir di tahun ini, racinglovers.

Dilansir dari gpone.com, perusahaan televisi asal Spanyol ini ingin terlebih dahulu menegosiasikan hak TV dengan Dorna untuk kontrak baru. Tawaran pay-to-view di Spanyol belum terbukti sangat sukses dalam beberapa tahun terakhir, dengan melihat angka jatuh jauh di bawah ekspektasi.

Ditambah lagi, investasinya di tim Yamaha belum membuahkan hasil luar biasa selama delapan belas bulan terakhir, racinglovers.

Oleh karena itu Yamaha harus menunggu dan melihat apakah Movistar akan mempertahankan hak TV untuk tahun-tahun mendatang. Negosiasi tampaknya telah berakhir tetapi tidak jelas apakah hasilnya akan positif. Jika tidak, fairing motor M1 Valentino dan Maverick akan kosong seperti tahun 2013 silam, atau mereka harus mencari sponsor baru.

Tapi Manager Direktur Yamaha, Lin Jarvis, tentunya punya rencana lain atau plan B untuk sponsor timnya musim depan jika Movistar pergi setelah kontrak yang berjalan selama 5 tahun ini berakhir.

Kasus Movistar-Yamaha bukan satu-satunya contoh bagaimana hak-hak TV dapat mempengaruhi tim. Hal yang sama berlaku untuk Sky, yang mensponsori tim VR46 di Moto2 dan Moto3. Sky juga masih belum memperbarui kontraknya dengan Dorna, yang berarti tim siap siaga ketika datang untuk membuat rencana masa depan.