Wahyu Aji Kena Penalti, Syahrul Amin Jadi Runner Up di Race 2 UB150

Asia Road Racing Championship (ARRC)

Minggu, , 04 Maret 2018 - 23:32 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

Istimewa

Editor :

  • Wahyu Aji Kena Penalti, Syahrul Amin Jadi Runner Up di Race 2 UB150

THAILAND. Race 2 Seri perdana Asia Road Racing Championship 2018 yang berlangsung di sirkuit Chang International, Buriram, Thailand mencatatkan beberapa kejutan, racinglovers. Diantaranya kontroversi kemenangan Wahyu Aji Trilaksana.

Wahyu Aji yang membela Yamaha Racing Indonesia dianggap melakukan manuver yang membahayakan di lap terakhir kelas Underbone 150 (UB150) pada race berlangsung, pembalap asal Banyumas, Jawa Tengah berhasil finish pertama.

Tapi Juri lomba ARRC 2018 coba menginvestigasi lewat video balap race 2 di kelas UB150 ini menyatakan Wahyu dikenakan sanksi penalti 20 detik dan posisinya harus melorot di posisi 9.

Otomatis, pembalap Malaysia Md Helmi Azman naik ke posisi 1 dan pembalap asal Indonesia dari tim Yamaha Yamalube SND Factory, yaitu Syahrul Amin juga naik ke posisi 2.

Berikut pernyataan dari pihak ARRC:

“Race 2 Underbone 150cc menjadi kontroversi karena pemenang lomba Wahyu Aji Trilaksana mendapatkan sanksi lebih lanjut atas taktik balapan di lap terakhir yang berisiko.

Di Race 1 pada hari Sabtu, Wahyu dikenai sanksi dengan potongan 3 poin dari total poinnya karena sengaja meluncur ke jalur pesaing lainnya. Pada putaran terakhir Race 2, Wahyu melakukan langkah yang sama lagi.

Juri FIM Asia yang terdiri dari anggota dari berbagai negara Asia, memberi sanksi kepada Wahyu dengan hukuman 20 detik untuk ditambahkan ke waktu balapannya.

Akibatnya, Wahyu turun ke urutan kesembilan dalam hasil akhir.