Andalkan Pirelli, Maulana Ibrahim Jawara di MP3 dan Bebek 4T TU 125 Mix

Motoprix 2018

Senin, , 26 Februari 2018 - 09:50 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

Istimewa

Editor :

  • Andalkan Pirelli, Maulana Ibrahim Jawara di MP3 dan Bebek 4T TU 125 Mix

    Maulana Ibrahim

SIDRAP. Debut perdana Pirelli di Kejurnas Motoprix 2018, cukup manis, racinglovers. Perfoma Ban Pirelli tipe Diablo Rosso Corsa II memberikan bukti nyata prestasi dalam seri pertama Pirelli Motorprix 2018, Region V (Sulawesi ) yang dihelat di Sirkuit Puncak Mario, Sidrap, Sulawesi Selatan (25/2).

Lewat pembalap pemula Maulana Ibrahim yang sukses merebut podium juara MP3 (150 cc) dengan pacuan Honda Sonic 150R dan jawara pula untuk supporting class, bebek 4 Tak TU 125 Mix. Rider tim Honda Lilo AK Celebes 88 Pirelli KYT RCB UMA Proline DID aRacer Bone ini jauh meninggalkan lawan-lawannya hingga sekitar 150-200 meter.

Itupun Maulana Ibrahim memilih bermain aman di lap-lap akhir karena relatif jauh mengasapi para lawannya (lihat hasil).

“Slidingnya sangat lembut. Sangat mudah dikontrol. Terutama di tikungan R1, R2 yang bumpy, juga R terakhir yang rada berpasir. Rolling-speed juga bisa lebih rebah dan berani buka gas lebh optimal, “ujar Maulana Ibrahim yang dimusim lalu merupakan juara nasional MP5 dan MP6 Motorprix 2017 Sulawesi.

Alhasil, proses adaptasi yang dilakukan berlangsung cepat. Pebalap dapat dengan mudah memahami karakter ban. Pada bagian lain, ketika kinerja ban optimal, maka set-up mesin juga dapat lebih berani. Terlebih dalam membangun tenaga dalam momen akselerasi. Konteks demikian yang diakui juga oleh Lilo AK selaku pemilik tim merangkap mekanik yang menyebut mereka sudah melakukan simulasi kekuatan kompon ban dengan mengitari Sirkuit Puncak Mario Sidrap sebanyak 50 lap.

“Saya jadi optimal untuk membuat akselerasi ataupun torsi menjadi lebih responsif, “tukas Lilo AK. Mengacu berbagai fakta demikian, maka Ban Diablos Rosso Corsa II terbukti dapat langsung meraih prestasi signifikan. Konstruksi, pattern atau profil serta komponnya ampuh menaklukkan trek permanen Sidrap yang dikenal memiliki permukaan aspal yang kasar.  

“Jadi bicara profil dan pattern, maka ada dua hal yang tersaji di ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II. Bagian tengah dapat berfungsi untuk memecah-belah air saat trek basah (wet-race), sedang sisi pinggir adalah kompon slick yang tebal, “terang Rio Sanggau, Chief Executive Marketing PT. Astra Otoparts Tbk yang hadir langsung di Motorprix 2018 Suawesi.

“Kelebihan utama lainnyanya yaitu dalam hard-braking atau pengereman keras yang jauh lebih stabil, disamping pula kualitas komponnya sangat kuat dalam puluhan lap, “pungkas Rio Sanggau saat didampingi Andreas Somawidjaja, Head Pirelli Tire Marketing PT. Astra Otoparts Tbk.