Aprilia Siap Pakai Fairing Aerodinamika Baru di Tes Qatar

MotoGP 2018

Sabtu, , 24 Februari 2018 - 20:17 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

Aprilia

Editor :

  • Aprilia Siap Pakai Fairing Aerodinamika Baru di Tes Qatar

ITALIA. Setelah menyelesaikan tes resmi MotoGP 2018 baru-baru ini di Thailand, pembalap Aprilia Aleix Espargaro dan Scott Redding langsung menghabiskan satu hari pengujian terowongan angin (wind tunel) di Universitas Perugia. Hasilnya, Aprilia bakal pakai fairing dengan aerodinamikan terbarunya, racinglovers.

Menurut Manager Teknik, Aprilia, yaitu Romano Albesiano, hasil dari percobaan terowongan angin, bersama dengan tes CFD dan tes lintasan, akan menjadi dasar bagi evolusi yang akan datang ke RS-GP 2018, terutama sebuah fairing baru.

"Kami akan membawa paket aerodinamika versi pertama untuk RS-GP 2018 ke Qatar. Penelitian aerodinamika kini telah menjadi bagian integral pengembangan motor MotoGP modern. Tidak hanya dalam hal sayap, yang merupakan ekspresi paling terlihat, tapi karena di lapangan bermain yang sangat rata, setiap detail kecil menjadi faktor penentu,” ujarnya.

"Aleix dan Scott memiliki karakteristik fisik yang sangat berbeda sehingga memerlukan penyempurnaan aerodinamis yang beragam untuk mengoptimalkan efisiensi. Tes di terowongan angin hanyalah bagian dari studi aerodinamika, yang juga terdiri dari simulasi komputer dan pemeriksaan yang dilakukan secara langsung pada jalur,” tambahnya.

Sebelumnya Aprilia juga sudah menggunakan sayap/winglet di awal tahun lalu, yang beralih ke desain 'kotak' bergaya Ducati yang lebih ekstrem dan terus digunakannya dalam pengujian musim dingin.

Kini meskipun sekarang disebutnya sebagai fairing aerodinamika, Aprilia tetap terus mengembangkan motor andalannya, yaitu RS-GP 18 dan siap pada tes resmi ketiga di Qatar yang berlangsung dari 1-3 Maret, dan siap untuk menghadapi seri 1 MotoGP 2018 pada 15-18 Maret mendatang.