Honda, Yamaha, Ducati Dukung Suzuki Kembali Dapatkan Hak Konsesi di MotoGP 2018

Suzuki Ecstar Team

Sabtu, , 06 Januari 2018 - 13:47 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

autosport

Editor :

  • Honda, Yamaha, Ducati Dukung Suzuki Kembali Dapatkan Hak Konsesi di MotoGP 2018

    Iannone vs Rossi

JAKARTA. Tim pabrikan yang saat ini berada sebagai tim papan atas di MotoGP sangat mendukung kembalinya Suzuki mendapatkan hak konsesi, racinglovers. Mereka pun berharap persaingan di musim 2018 bisa lebih seru lagi.

Sebelumnya Suzuki memiliki hak konsesi pada tahun 2016, dan saat itu Maverick Vinales berhasil mencetak kemenangan pertamanya bersama Suzuki di Silverstone.

Hingga akhirnya di tahun 2017 Suzuki tidak dapat lagi mendapatkan hak untuk melakukan pengembangan dan pengujian mesin yang tak terbatas.

Tapi di tahun 2017 Suzuki tidak sama sekali mendapatkan podium dan berdasarkan regulasi, Suzuki berhak kembali mendapatkan hak konsesinya. Melihat hal ini tim pabrikan lain pun sangat mendukung, berikut komentarnya:

Livio Suppo – Honda

"Saya pikir ini adalah peraturan yang bagus. Sudah terbukti beberapa tahun terakhir ini, bahwa untuk membantu pabrikan yang sedang berjuang bagus untuk kejuaraan. Saat ini persaingan antara semua produsen cukup dekat, ini bagus untuk pertunjukan dan ini sangat penting bagi kita semua.”

"Jika Suzuki sedang berjuang namun memiliki kemungkinan untuk mempercepat proses pembangunan, itu bagus. Apa yang telah dilakukan KTM musim ini luar biasa, tanpa peraturan ini tidak mungkin. Jika sekarang ada semua produsen ini yang bisa berlomba sangat dekat, satu sepeda dekat dengan yang lain, itu bagus untuk semua."

Lin Jarvis – Yamaha

"Jika Suzuki dapat menggunakan konsesi ini untuk meningkatkan permainan mereka dan menjadi lebih kompetitif, itu meningkatkan keseluruhan level. Dan menurut saya salah satu keunggulan kami dibanding disiplin motorsport lainnya adalah tingkat balap tahun ini [2017] telah benar-benar fenomenal. Akhir pekan yang lebih kompetitif yang bisa kita miliki dengan semua produsen hadir, itu lebih baik bagi kita semua."

Paolo Ciabatti –Ducati

"Ducati memanfaatkan peraturan ini saat kami tidak kompetitif, untuk bisa meningkatkan pengembangan motor. "Dan ketika kami sampai pada tingkat di mana kami bisa mencetak podium, kami kehilangan konsesi. Saya pikir ini adalah peraturan yang berlaku untuk semua orang, dan ini adil.”

"Ini telah membantu kejuaraan untuk menjadi sangat kompetitif, sehingga produsen baru dapat bergabung dalam seri ini dengan kesempatan untuk mencapai tingkat tim papan atas dan produsen papan atas."