Bos Tech3 Khawatir Jika Tim VR46 ke MotoGP, Yamaha Berpaling Darinya

Yamaha Monster Tech3

Sabtu, , 06 Januari 2018 - 13:23 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

autosport

Editor :

  • Bos Tech3 Khawatir Jika Tim VR46 ke MotoGP, Yamaha Berpaling Darinya

    Yamaha MotoGP

ITALIA. Tim balap VR46 milik Valentino Rossi saat ini sudah berlaga di ajang Moto 3 dan Moto 2 pada MotoGP 2017 lalu. Bos tim satelit Yamaha Tech3 pesimis jika Rossi akan pensiun pasti Yamaha akan memilih VR46 untuk tim satelit mereka, racinglovers.

Informasi ini diungkapkan langsung oleh Herve Poncharal, bos Tech3 pada Autosport.com. Menurutnya hubungan baik antara The Doctor dengan Yamaha akan membuat pabrikan asal Jepang tersebut jalas akan mendukung tim VR46 jika melangkah ke MotoGP.

"Saya pernah diskusi dengan mereka [Yamaha], di mana saya berkata, 'Bisakah Anda memiliki enam motor di grid MotoGP?' Mereka bilang 'Tidak, terlalu banyak'. "Saya bilang, oke, kalau Anda punya pilihan dari VR46 dan Tech3, siapa yang akan menjadi prioritas?" '[Jawabannya] VR46.' Jadi ini jelas. " ungkap Poncharal.

Tapi menurut Poncharal yang juga selaku Presiden IRTA (International Road-Racing Teams Association) langkah tim VR46 untuk masuk ke MotoGP masih panjang, racinglovers. Pasalnya semua tim satelit yang dikontrak oleh Dorna hingga tahun 2021.

“Jadi kami memiliki kontrak dengan Dorna dari tahun 2017 sampai 2021, tidak ada yang bisa masuk dalam kejuaraan kecuali mereka menemukan cara untuk membuat kesepakatan, kemitraan atau bergabung dengan tim yang ada," jelasnya.

"Saya tidak ingin dia (Rossi) menjadi pasangan, mungkin dia bisa membeli Aspar, Avintia, LCR, tim independen mana pun, tapi saya rasa ini bukan yang dia inginkan,” tambahnya.

"Kecuali jika semua orang mengatakan ya, kami sepakat untuk memiliki satu tim lagi, tapi itu tidak akan terjadi. Hal itu bisa terjadi pada 2022 [saat kontrak yang ada berakhir]."pungkasnya.

Namun soal timnya turun di MotoGP, Rossi sempat mengatakan pada tahun lalu kalau saat ini dia lebih fokus untuk pembinaan pembalap muda, mungkin 10 tahun lagi tim VR46 baru akan coba ke MotoGP.