Balap Motor Listrik bikin Arena Sendiri, FIM Moto-e World Cup

FIM Moto-2 World Cup

Kamis, , 14 Desember 2017 - 12:29 WIB

Penulis :

Ary (arydyno@gmail.com)

Fotografer :

Speedweek.com

Editor :

  • Balap Motor Listrik bikin Arena Sendiri, FIM Moto-e World Cup

ITALIA. Belum ke arena Grand Prix, motor listrik akan menggelar balapannya sendiri. Rencana ini digagas Dorna Sports pada 2019 mendatang.

Dorna Sports selaku penyelenggara Grand Prix akhirnya mengumumkan sebuah kejuaraan baru bertajuk FIM Moto-e World Cup. Event yang akan dihelat dua tahun mendatang ini menggunakan motor listrik sebagai pacuannya.

Perusahaan asal Italia yakni Energica Motor Company of Modena ditunjuk sebagai pemasok utamanya. Tampaknya, unit motor yang akan digunakan adalah Energica Ego. Vito Ippolito, Presiden FIM mengatakan sangat senang dengan pengumuman tersebut. "FIM sangat senang mendukung pengembangan teknologi baru yang akan menjadi FIM Moto-e World Cup. Energica juga sudah membuktikan mereka adalah ahli di bidang ini. Dengan dukungan Dorna, kami yakin proyek ini akan sukses," ujarnya dari kutipan Speedweek.com

Sama halnya dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports yang menyebut Energica adalah pilihan tepat. Kami tidak mendapatkan penyuplai yang lebih baik. Kami percaya dengan kualitas dan performa. Bersama Energica kami menatap sebuah hal luar biasa dari sebuah balapan dengan motor listrik," ungkapnya.

Sementara itu, pihak Energica menatap tantangan baru ini. "Kami bangga terpilih oleh Dorna. Kami membangun sebuah mimpi tentang motor. Kami melihat ini adalah level baru dari sebuah teknologi. Produk Energica juga sudah melalui quality control dan performance tests. R&D kami juga fokus terhadap teknologi baru dan upaya untuk mengimplementasikannya," sahut Livia Celovini, CEO Energica Motor Company.

Selain FIM, Dorna dan Energica, ada satu pihak lagi yang akan terlibat dalam kejuaraan motor sunyi ini. Direktur Teknis Michelin Racing, Nicolas Goubert juga bakal didaulat sebagai Direktur Eksekutif di FIM Moto-e World Cup 2019. Rencana balapannya akan berlangsung sebanyak enam seri di European Grand Prix. Sedangkan grid yang disiapkan adalah untuk 18 pembalap dengan motor listrik yang bertenaga lebih dari 130 hp.