Azlan Shah: Saya masih bisa Juara 2-3 Tahun lagi!

Azlan Shah Juara SS600 ARRC 2017

Selasa, , 05 Desember 2017 - 09:33 WIB

Penulis :

Ary (arydyno@gmail.com)

Fotografer :

Ary

Editor :

  • Azlan Shah: Saya masih bisa Juara 2-3 Tahun lagi!
  • Azlan Shah: Saya masih bisa Juara 2-3 Tahun lagi!
  • Azlan Shah: Saya masih bisa Juara 2-3 Tahun lagi!

BANGKOK. Azlan Shah membuat pencapaian luar biasa di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017. Penampilan terakhirnya di Chang International Circuit, Buriram (Thailand) akhir pekan lalu menjadi kunci dari pretasinya tahun ini.

Di ARRC seri 6 kemarin, kelas SS600 juga tengah mencari siapa yang akan menjadi juara Asianya. Zaqhwan Zaidi digadang sebagai calon terkuat. Namun, dia menghadapi balapan yang sulit di Buriram.

Terlebih lagi, ada Apiwat Wongthananon yang sukses mengacak perolehan poin di klasemen. Pembalap wildcard ini bahkan mampu mencetak double winner di kelas 600 cc.

Taiga Hada, Yuki Ito dan Ahmad Yudhistira pun berharap untuk gelar tersebut. Akan tetapi, Azlan lah yang mendapatkan angin segar lantaran Zaqhwan kurang perform. Rekan setim Yudhistira di Manual Tech KYT Kawasaki Racing itu membuka peluang di race 1.

Kemudian pembalap Malaysia ini bisa meraih podium ketiga di race 2 SS600. Dia sekaligus mengunci gelar juara SS600 2017 menjadi miliknya. Azlan yang mengumpulkan 155 poin unggul 2 poin dari Zaqhwan yang harus puas ada di posisi runner up.

Race 2 SS600 dimenangkan oleh Apiwat. Sedangkan Anthony West sukses dengan dua kali podium kedua di laga puncak ARRC 2017. Kejutan justru muncul dari kubu tim yang dipimpin Ibnu Sambodo, racinglovers.

Azlan menceritakan sedikit kejadian di race 2 itu. Di mana saat itu dia dan Chalermpol Polamai tengah berebut podium ketiga.

"Di race 2, saya mengikuti Chalermpol dan memilih untuk menjaga ban. Baru di 2 lap terakhir saya push dan bisa podium ketiga," kata Azlan kepada Motoraceid.com, Senin (4/12).

Setelah finish, Azlan sempat belum tahu kalau dia menjadi juara Asia. "Sempat tidak tahu. Saya sangat senang bisa menjadi juara. Padahal kami tidak menduganya. Semusim ini saya juga beberapa kali menjalani balapan sulit," terangnya lagi.

Termasuk pula di seri pemungkas. Ibnu Sambodo mengatakan set up motor Azlan kurang tepat. "Kalau bagus, Azlan harusnya bisa menang di sini, seperti round 2 lalu. Dia bisa dua kali juara. Tapi, pada akhirnya  senang karena gelar juara untuk pembalap dan tim menjadi milik kami," terangnya.

Prestasi ini menambah semangat tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing menghadapi musim depan. "Saya masih bisa juara 2-3 tahun lagi," sahut Azlan. Hal tersebut juga diamini pakde Ibnu karena artinya Azlan membidik juara Asia kelas SS600 di musim terakhir (2018) dan juara di kategori baru Superstock 1000 yang akan dibuka 2019 mendatang.