Biaya Pembangunan Sirkuit Bung Tomo Baru 50 Miliar dari Total Anggaran 160 Miliar

Sirkuit Bung Tomo

Selasa, , 21 November 2017 - 15:55 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

Ichsan

Editor :

  • Biaya Pembangunan Sirkuit Bung Tomo Baru 50 Miliar dari Total Anggaran 160 Miliar

    Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya

  • Biaya Pembangunan Sirkuit Bung Tomo Baru 50 Miliar dari Total Anggaran 160 Miliar

    Bambang Kapten

SURABAYA. Seri pamungkas Motoprix 2017, Region 2 menjadi spesial dengan suksesnya digelar pada sirkuit permanen baru kebanggaan kota Surabaya, Jawa Timur pekan kemarin (19/11). Bukan cuma pertama kali dipakai untuk kejurnas Motoprix 2017 aja, tapi spesialnya sirkuit ini langsung menggelar 2 seri sekaligus, racinglovers.

“Ya, alhamdulillah IMI Jatim sukses menggelar seri 3 dan 7 Motoprix 2017, Region 2. Kedepannya sirkuit ini akan menjadi sirkuit tuan rumah bagi IMI Jatim untuk Motoprix tahun-tahun berikutnya,“ buka Bambang Haribowo, selaku ketua Pengprov  IMI Jatim.

“Ya, mungkin jika ada seri yang tertunda lagi kita akan ajukan untuk ambil seri tersebut, seperti Seri 3 Motoprix 2017, Region 2 yang awalnya di IMI DKI Jakarta tertunda, kita coba ajukan dan terlaksana dengan baik bersama seri terakhir ini,” tambah pria yang akrab disapa Bambang Kapten ini.

Seperti diketahui, sirkuit Bung Tomo ini sebetulnya belum 100% selesai, racinglovers. Tentu akan terus dilakukan pembangunan fasilitas pendukungnya seperti paddock, tribun penonton, dan lain-lain.

“Sirkuit ini baru selesai 30%, lintasan juga baru bisa dipakai sepanjang 1,2km dari total 1,8km. Segala fasilitas pendukung tentu akan terus kita kembangkan, seperti paddock permanen, tribun penonton, pembenahan gravel, dan kerb. Kolam yang di tengah sirkuit juga akan kita timbun biar rata,” jelasnya.

Bambang Kapten juga mengatakan kalau biaya pembangunan sirkuit Bung Tomo ini dari anggaran APBD Pemda TK II Surabaya yang turunnya setiap tahun dari total biaya sebesar 160 miliar, racinglovers.

“Saat ini biaya pembangunan sudah sekitar 50 miliar, kita masih menunggu anggaran lagi untuk tahun depan guna merampungkan sirkuit ini,” tambahnya.

Kedepannya sirkuit Bung Tomo sudah bisa dipakai latihan para atlet balap di Jatim, dan penonton yang ingin menyaksikan langsung juga bisa masuk gratis.

Selain itu IMI Jatim juga akan bekerja sama dengan pihak Dispora mengenai pengurusan izin jika ada promotor yang ingin mengadakan event balap di sirkuit tersebut.