Galang Hendra jadi Pole Man di AP250 India

Kualifikasi AP250 ARRC Madras, India

Sabtu, , 23 September 2017 - 11:13 WIB

Penulis :

Ary (arydyno@gmail.com)

Fotografer :

Yamaha Racing Indonesia

Editor :

  • Galang Hendra jadi Pole Man di AP250 India
  • Galang Hendra jadi Pole Man di AP250 India

INDIA. Gerry Salim sepertinya akan mengamankan pole position AP250 di Asia Road Racing Championship (ARRC) India. Namun, Galang Hendra datang untuk mencuri posisi tersebut.

Para pembalap Indonesia memang sudah terlihat mendominasi sejak latihan kemarin. Hal tersebut kemudian berlanjut saat pelaksanaan kualifikasi, Sabtu (23/9).

Para pembalap Indonesia begitu cepat beradaptasi dengan Madras Motor Race Track. Catatan waktu di kualifikasi tadi juga meningkatkan. Gerry Salim (Astra Honda Racing Team) adalah pembalap pertama yang mencetak waktu di bawah 1 menit 50 detikan.

Gerry Salim bertahan cukup lama dengan torehan 1 mrnit 49,770 detik. Akan tetapi, ketika QTT AP250 menyisakan 20 menit lagi, Galang Hendra (Yamaha Racing Indonesia) berhasil memangkas tipis dengan 1 menit 49,759 detik.

Tak lama, Gerry Salim  memutuskan masuk pit. Sedangkan Galang Hendra terus memperbaiki lap time-nya. Terlihat di 15 menit tersisa, Galang Hendra dua kali membuat perbaikan waktu. Puncaknya, pemilik nomor 99 itu membuat lap time tercepat 1 menit 49,480. Ini juga sekaligus membuatnya berada di pole position pada balapan AP250 nanti.

Gerry yang sebelumnya ada di posisi kedua juga tergeser oleh rider Yamaha Racing Indonesia lainnya yakni Rey Ratukore. Rey berhasil menempel catatan waktu Galang dengan 1 menit 49,556 detik. Sementara Gerry Salim ada di peringkat ketiga.

Seharusnya baris terdepan balap AP250 India bisa ditempati all Indonesian riders. Namun, Tamoyoshi Koyama memberikan kejutan di akhir sesi. Rider Jepang ini berhasil menempati grid kedua untuk menggeser Rey Ratukore menjadi ketiga.

Dengan begitu, Gerry Salim harus start dari grid keempat. Disusul Mukhlada Sarapuech dan Rheza Danica. Galang Hendra menambahkan sirkuit ini cocok untuk motor Yamaha. Tapi, tentu saja Honda tidak akan tinggal diam. Semoga, rider Indonesia yang menguasai podium utama AP250 di India, racinglovers!