Pembalap WSBK ini Resmi Gantikan Rossi di Aragon

Michael van der Mark Dipilih meski belum pernah Menjajal YZR-M1

Senin, , 11 September 2017 - 17:26 WIB

Penulis :

Ary (arydyno@gmail.com)

Fotografer :

Michael van der Mark

Editor :

  • Pembalap WSBK ini Resmi Gantikan Rossi di Aragon

ITALIA. Michael van der Mark terpilih sebagai pengganti Valentino Rossi di MotoGP Aragon, Spanyol. Michael terpilih dari empat kandidat, walaupun belum pernah menjajal YZR-M1.

Tim Movistar Yamaha memastikan Rossi akan absen lagi di seri ke 14 nanti. Untuk itu, mereka pun sudah menyiapkan penggantinya. Beberapa nama sempat disebut bakal mengendarai motor milik Rossi (baca di sini). Namun, pilihan pun akhirnya jatuh kepada Michael.

Pembalap tim Yamaha di WSBK itu diberi kesempatan besar di sepanjang karir balapnya. Movistar Yamaha tampaknya tidak terlalu mengkhawatirkan penampilan Michael di Spanyol nanti. Pasalnya, rider Belanda ini belum pernah sekalipun mengendarai kuda besi tersebut.

"Untuk GP berikutnya di Aragon tim memutuskan memasukan dua pembalap. Sepertinya tidak mungkin bagi Valentino bisa fit balapan di Aragon. (Makanya) Yamaha mencari pengganti yang capable dan merupakan pembalap kami," kata Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing dalam rilis Yamaha, Senin (11/9).

Kenapa bukan Alex Lowes atau Katsuyuki Nakasuga? Alasannya adalah kedua pembalap tersebut sudah pernah menjajal MotoGP. "Kami memutuskan Michael harus mendapatkan kesempatan kali ini. Tidak mudah mencari pengganti Rossi. Tapi, kami percaya Michael punya nilai dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan bagus," tambah Jarvis.

Jarvis menambahkan Movistar Yamaha akan memberikan dukungan terbaiknya untuk Michael dan berharap dia bisa sukses dengan kesempatan menarik ini.

"Saya senang bisa mendapatkan kesempatan mengendarai YZR-M1 di MotoGP Aragon. Saya belum pernah mengendarai motor MotoGP sebelumnya. Jadi, ini akan menjadi pengalaman baru buat saya," sahut Michael.

Pembalap yang baru saja berperan memenangkan Yamaha di Suzuka 8 Hours 2017 juga menyebut sangat penasaran dengan mesin M1. "Saya sadar ini tidak akan mudah ketika mengendarainya di sesi latihan resmi tanpa adanya tes. Meski begitu, saya sangat berterimakasih kepada Yamaha atas kesempatan ini. Saya yakin ini akan menjadi pembelajaran terbaik," pungkasnya.