Ada Part Baru buat GSX-R150, Aplikasi Perdana di SAC Sentul

Velg dan Baru di Suzuki Asian Challenge Sentul (Indonesia)

Sabtu, , 12 Agustus 2017 - 21:14 WIB

Penulis :

Ary (arydyno@gmail.com)

Fotografer :

Ary

Editor :

  • Ada Part Baru buat GSX-R150, Aplikasi Perdana di SAC Sentul
  • Ada Part Baru buat GSX-R150, Aplikasi Perdana di SAC Sentul

BOGOR. Penggunaan velg dan ban baru berdampak pada gaya balap rider di Suzuki Asian Challenge (SAC). Pengaplikasian perangkat baru ini pun terlihat di seri 4 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Penyelenggara SAC memberikan kejutan di SAC kali ini. Sekalias memang tidak ada yang berbeda dari kuda besi Suzuki GSX-R150 tersebut. "Ada part baru. Sekarang pakai velg dan ban ukuran baru," kata Robert Satrio, 2W Marketing & Racing Divison PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di paddock SAC, Minggu (13/8).

Jika diperhatikan, ban yang terpasang ini lebih kecil dari sebelumnya. "Baru di seri ini velg-nya ganti pakai RCB ukuran 215 (depan) dan belakang 300. Ban Dunlopnya jusa menyesuaikan depan (90/80-17) dan 100/70-17 untuk belakang," papar Yasser Aji, mekanik tik Suzuki Indonesia.

Penggantian part ini nyatanya memengaruhi gaya balap para pembalap. "Karena bannya lebih kecil, jadi gak bisa terlalu rebah di tikungan. Saya butuh menyesuaikan gaya balap dengan ban ini," ujar Chepy Armansyah yang finish ke 4 di race 1 SAC Sentul, Sabtu (12/8).

Namun, Ahmad Saugi menambahkan tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Dia merasa diuntungkan dengan velg dan ban yang lumayan ringan itu. "Memang gak terlalu jauh bobotnya. Tapi, lumayan berpengaruh buat saya karena bobot saya lebih berat dari pembalap lainnya," ujar Saugi.

"Motor jadi lebih ringan, terutama saat perubahan arah dan cukup responsif. Power motor juga lebih baik," terang Saugi yang meraih podium ketiga di race 1 SAC Sentul.